SMP 1 Undaan Kudus Dapat Kucuran Dana Rp 1,29 Miliar

by Juli 28, 2023
Kabar Kudus 0   189 views 0

Kabid Dikdas pada Disdikpora Kudus Anggun Nugroho (paling kiri) didampingi Kepala SMP 1 Undaan Moh Nurhadi dan pelaksana proyek, meninjau lapangan voli SMP 1 Undaan yang belum lama ini rampung.

kanalsuararakyat.com, KUDUS-SMP 1 Undaan Kabupaten Kudus tahun ini mendapat kucuran dana sebesar Rp 1,29 miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten Kudus dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2023. Rinciannya, dari APBD Kudus 2023 sebesar Rp 478,478 juta, dan dari DAK 2023 Rp 820 juta.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas)pada Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, Anggun Nugroho mengatakan, tahun ini di SMP 1 Undaan telah dilakukan pekerjaan fisik, dengan sumber anggaran dari APBD dan DAK Tahun Anggaran 2023.

‘’Anggaran dari APBD untuk pembangunan lapangan voli, yang saat ini sudah tinggal finishing dan pengecetan garis lapangan. Sedang yang dari DAK, untuk pembangunan jamban dan ruang laboratorium IPA,’’ ungkap Anggun, di temui di komplek SMP 1 Undaan, Kamis (27/7).

Menurutnya, dua pekerjaan fisik itu untuk menunjang proses belajar mengajar di lingkungan SMP 1 Undaan. Disisi lain, guna meningkatkan mutu kualitas pendidikan para peserta didik di sekolah setempat. Baik kualitas pendidikan akademik maupun non akademik.

‘’Perlengkapan sarana dan prasarana  di sekolah itu, untuk mendorong dan mendukung kualitas pendidikan di sekolah,’’ imbuhnya.

Anggun menambahkan, DAK dari pemerintah pusat untuk jenjang SMP di Kabupaten Kudus tahun ini menyasar lima sekolah. Meliputi SMP 1 dan SMP 2 Mejobo, SMP 1 dan SMP 2 Undaan serta SMP 2 Bae. DAK itu turun berdasarkan hasil verifikasi di aplikasi Kolaborasi Perencanaan dan Informasi Kinerja Anggaran (KRISNA).

‘’Sedang teknis pelaksanaan yang bersumber dari DAK, yaitu swakelola pihak sekolah masing-masing,’’ tuturnya.

Kepala SMP 1 Undaan Moh Nurhadi pun bersyukur lantarana usulannya telah direalisasikan. Terutama usulan pembangunan lapangan voli, untuk meningkatkan prestasi olahraga voli di sekolahnya.

‘’Kami berterimakasih karena adanya lapangan voli yang baru ini, anak-anak bisa meningkatkan prestasi bidang olahraga. Khusunya olahraga voli yang menjadi salah satu olahraga unggulan di SMP 1 Undaan,’’ kata Nurhadi.

Perwakilan dari CV Tino Triputra Syam Wachid Tiyan Mujiono mengatakan, progres pekerjaan lapangan voli seluas 1.300 meter persegi ini, telah mencapai 90 persen. Selanjutnya, akan dilakukan pengecatan lapangan, untuk cabang olahraga voli dan basket.

‘’Lapangan ini juga telah dilengkapio pagar disisi utara dengan ukuran tinggi 3,5 meter dan lebar 15 meter,’’ pungkasnya. (F1)