Tingkat Budaya Literasi, Dinarpus Kudus Luncurkan Pocadi di Gedung MPP

by Januari 24, 2023
Kabar Kudus 0   68 views 0

Bupati Kudus Hartopo meninjau Ruang Pocadi di Lantai 1 Gedung MPP Kudus

kanalsuararakyat.com, KUDUS-Dinas Arsip dan Perpustakaan (Dinarpus) Kudus luncurkan Pojok Baca Digital (Pocadi) yang berlokasi di lantai 1 Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Kudus, Selasa (24/1). Pocadi ini digadang-gadang dapat meningkatkan minat baca generasi muda di Kota Kretek.

Bupati Kudus Hartopo mengatakan, Pocadi ini implementasi dari era digital di tengah kemajuan teknologi di tanah air. Adanya perpustakaan digital di pusat pelayan publik ini, diharapkan dapat meningkatkan budaya masyarakat Kudus terkait literasi dan mendorong semangat generasi muda untuk membaca.

‘’Saya lihat generasi muda saat sekarang lebih suka bermain media sosial dibanding membaca,’’ kata Hartopo.

Menurutnya, dengan membaca dapat meningkatkan pengetahuan atau wawasan. Maka, pihaknya pun mengapresiasi Dinarpus Kudus atas inovasinya membuat perpustakaan digital di MPP itu.

‘’Saya apresiasi terobosan Dinarpus atas adanya Pojok Baca Digital ini. Sebab sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk membangkitkan minat baca,’’ tandasnya.

Dihari yang sama, Bupati Hartopo juga menyerahkan Sertifikat Hasil Akreditasi Perpustakaan Sekolah Tahun 2022 kepada 10 sekolah tingkat SMP dan SMA sederajat di Kudus. Meliputi SMP 1 Jekulo, SMP 1 Mejobo, SMP 5 Kudus, SMP 1 Kaliwungu, SMP 2 Kaliwungu, SMP 1 Gebog, SMP 1 Dawe, SMP 4 Bae, SMA 1 Gebog, dan MA NU Muallimat.

‘’Harapan saya, sekolah yang sudah lulus akreditasi perpustakaan dan mendapatkan nilai baik, tetap konsisten dan terus tingkatkan pelayanannya. Bagi yang belum segera ikuti akreditasinya,’’ pintanya.

Apresiasi juga diberikan kepada Dinarpus Kudus dan Perpustakaan Rumah Inspirasi Desa Tumpangkrasak Kecamatan Jati, atas kesuksesannya meraih penghargaan Perpustakaan Terbaik tingkat Nasional dalam Implementasi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Tahun 2022.

‘’Semoga penghargaan ini dapat meningkatkan semangat kita bersama untuk menjadikan perpustakaan tidak hanya sebagai tempat buku. Tapi sebagai pusat kegiatan yang melibatkan masyarakat, dengan menyediakan berbagai kegiatan pelatihan dan pembelajaran gratis,’’ ujarnya.

Sementara Plt. Kepala Dinarpus Kudus Sancaka Dwi Supani mengatakan, fasilitas yang disediakan di Pocadi, selain menyediakan buku bacaan juga sarana prasarana digital seperti smart TV dan komputer all in one. Selain itu tablet android yang sudah di instal aplikasi IPUSNAS milik Perpusna dan Dinarpus Kudus, serta permainan edukasi.

‘’Sebagian besar sarana di Pocadi bantuan dari Perpusnas. Seperti 4 unit komputer, 700 eksemplar buku bacaan, 5 unit tablet, 1 unit smart tv, satu paket rak,’’ pungkasnya. (F1)